Hematopoiesis Extrameduler


Halo semuaaa, FKUI sedang membahas modul hematologi-onkologi nih.. Modul ini belajar tentang darah, komponen-komponennya dan juga perkembangan kanker. Salah satu ilmu yang perlu dikuasai pada modul ini adalah hematopoesis yang merupakan proses pembuatan darah baru. 

Normalnya, proses pembuatan darah terjadi di tulang. Beberapa tulang di dalam tubuh merupakan tempat terbentuknya sel-sel darah di tubuh. Tulang belakang, tulang rusuk, femur adalah tiga dari tulang-tulang yang sangat penting dalam produksi sel darah. 

Namun, pada kondisi tertentu organ-organ tubuh yang seharusnya tidak menghasilkan darah malah menghasilkan darah. Keadaan ini sangat berbahaya karena dapat menyebabkan meningkatnya sel-sel darah yang tidak diperlukan. Sebagai contoh, penyakit leukemia disebabkan oleh terlalu banyaknya sel darha putih yang diproduksi. Ada tiga sebab utama dari hematopoesis yang tidak semestinya ini:

Sebab yang pertama adalah kebutuhan yang berlebihan yang terdapat di dalam tubuh.  Kebutuhan yang besar ini muncul disebabkan karena beberapa keadaan tertentu seperti penyakit seperti thallasemia yang menyebabkan kerusakan sel darah merah Akhirnya, daerah-daerah disekitar pabrik yang memproduksi sel darah juga berubah menjadi sel-sel yang memproduksi darah. Yang sering dijumpai berubah adalah daerah paravertebral tubuh.

Sebab kedua adalah hilangnya fungsi pembentukan darah dari tulang. Pada keadaan tertentu seperti osteoporosis tulang yang menyebabkan rusaknya tulang. Tulang menjadi rusak dan tidak dapat memproduksi sel darah merah lagi. Hal inilah yang mendorong organ lain “membajak” fungsi produksi darah dari tulang.

Ketiga adalah hematopoesis distrofik. Hematopoesis distrofik ini terjadi apabila ada keadaan-keadaan lain di dalam tubuh yang mendorong proses hematopoesis. Misalnya, ada tumor lain yang tumbuh didalam tubuh pasien yang memproduksi zat eritropoetin di dalam darah. Meningkatnya kadar eritropoetin di dalam darah akan merangsang produksi sel darah merah di dalam tubuh. Hal ini mendorong pembentukan darah yang “patologis” ini. Beberapa tumor yang menyebabkan keadaan ini adalah tumor hati dan tumor otak.

Demikian tulisan singkat tentang hematopoesis ini, nantikan tulisan-tulisan berikutnya dalam seri tulisan Aldo Ferly- HematoOnkologi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s