Tes Hitung Thrombosit


Platelet Count

           Platelet adalah sel yang kecil, memiliki bentuk yang irregular. Sel ini berasal dari pecahan dari sel megakariosit dan berfungsi dalam menyetop pendarahan di dalam tubuh. Gambar dibawah memperlihatkan morfologi sel platelet.

Ada beberapa cara untuk menghitung platelet, ada cara automatik yaitu menggunakan mesin yang secara otomatis menghitung jumlah platelet didalam darah. Keunggulan cara ini adalah jauh lebih cepat dibandingkan cara manual. Namun, apabila hasilnya abnormal kita harus memeriksanya kembali menggunakan cara manual.

            Cara manual yang paling sering dilakukan adalah menggunakan darah yang sudah dilarutkan dengan 1% zat ammonium oxalate.  Zat ammonium oksalat akan merusak eritrosit dan menyisakan leukosit, platelet dan retikulosit sehingga memudahkan perhitungan kepingan darah.

            Selain ammonium oxalate, metode Rees Ecker juga sering digunakan. Darah akan diencerkan dan diteteskan oleh pewarnaan Cresyl Blue yang akan membuat platelet menjadi bewarna biru. Setelah itu, platelet darah dapat dihitung dengan mudah.

            Nilai rujukan dari platelet count adaah 150.000-400.000 kepingan darah. Jumlah platelet dapat menyebabkan pendarahan yang berlebihan seperti mimisan, pendarahan gusi dan petichease. Jumlah yang lebih tinggi dari normal dapat menyebabkan penggumpalan darah yang berlebihan terjadi di tubuh manusia.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s