Why I choose Newcastle University -Master of Research program-


Hi teman2, kembali lagi ke kumpulan artikel FKUI kelas Internasional yang saya buat. Melengkapi tulisan sebelumnya yang berisi tentang FKUI kelas internasional secara umum, kali ini saya membuat tulisan tentang salah satu pilihan yang ada di kelas Internasional: Mengambil program satu tahun riset di Newcastle University, Inggris untuk mendapatkan gelar Master of Research (M.Res). Artikel ini membahas tentang alasan saya mengambil program ini dibandingkan dua program yang tersedia lainnya yaitu : B.Med Sci (Hons) dari Monash University dan B.Med Sci dari Melbourne University. Ada tiga alasan utama saya memilh Newcastle University: gelar yang lebih tinggi, kesempatan meneruskan pendidikan dengan mudah, dan biaya

Berbeda dengan program lainnya dari monash dan melU yang menawarkan gelar B.Med Sci, program dari Newcastle University memberikan kesempatan kita untuk mendapatkan gelar Master of Research dengan waktu yang sama (satu tahun). Hal ini dimungkinkan karena sistem pendidikan Inggris yang memungkinkan mendapatkan gelar master hanya dalam waktu setahun. 3 tahun yang telah dilalui di pendidikan pre-klinik Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia dianggap setara dengan gelar bachelor degree (S1). Tentunya, gelar master ini penting terutama bagi mereka yang ingin berkecimpung dalam dunia akademia. Sebagai contoh, mereka yang mau mengajar di FKUI harus memiliki gelar master sebelum dapat ikut seleksi. Gelar master yang ditawarkan oleh Newcastle University ini juga berbeda dengan gelar biasa karena ada strand dari gelar tersebut. Sebagai contoh, saya mengambil pelajaran tentang sel punca disana. Saya akan lulus dengan gelar Master of Research in Stem Cell and Regenerative Medicine.

Alasan kedua saya mengambil Newcastle University adalah kesempatan untuk meneruskan pendidikan dengan mudah, ada kerjasama antara Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia dengan Newcastle University yang memungkinkan mahasiswa untuk mengambil gelar Ph.D setelah lulus program setahun Master of Research-nya. Tahun pertama master tersebut dinggap sebagai tahun pertama program Ph.D  di Newcastle University. Tentunya, ini membuka peluang bagi kita untuk menjadi Ph.D pada usia muda. Pada jalur konvesional dibutuhkan waktu enam tahun untuk menjadi seorang Ph.D (2 tahun waktu yang diperlukan untuk mengambil program master ditambah 4 tahun untuk program Ph.D.

Biaya juga merupakan salah satu faktor yang penting untuk kita pertimbangkan. Biaya yang perlu kita keluarkan untuk menjadi master of research di Newcastle University adalah sekitar Rp 210 juta rupiah. University untuk mahasiswa Indonesia. Beberapa diantaranya adalah beasiswa Newcastle University International Postgraduate Scholarship yang memberikan potongan 1500 poundsterling untuk 60 mahasiswa internasional yang melanjutkan studi di Newcastle. Selain itu, mahasiswa dari Universitas Indonesia mendapatkan diskon sebesar 10% dari uang pangkal masuk Newcastle sehingga biaya akhirnya adalah sekitar 12,000 poundsterling atau Rp 180 juta rupiah. Berbeda dengan anggapan banyak orang, biaya hidup di Newcastle juga cukup terjangkau, buku panduan dari Newcastle University menunjukan bahwa biaya hidup di kota Newcastle adalah sebesar 300 poundsterling per bulan.

Demikian adalah tiga alasan utama saya mengapa mengambil program Master of Research yang ditawarkan oleh Newcastle University. Apabila kalian mau lihat lebih lanjut program-program yang ditawarkan, dapat anda cek website  ncl.ac.uk di bagian postgraduate study. Bagi kalian yang ingin tahu lebih lanjut dapat bertanya pada saya di aldoferly_nobita@yahoo.co.id atau penanggung jawab program Newcastle University di FKUI yaitu dr. Septelia Inawati Wanandi, departemen biokimia FKUI.

 

 

2 thoughts on “Why I choose Newcastle University -Master of Research program-

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s