Mengurus student visa untuk Inggris


Hai teman-teman sudah lama ni tidak mengepos informasi terbaru di blog ini. Pada kesempatan ini, saya ingin berbagi tentang kiat-kiat mengurus visa pelajar untuk negara tujuan Inggris. Kebetulan, saya pernah mengurus visa ini untuk studi saya di Newcastle University.  Untuk membuat visa, dibutuhkan persiapan yang cukup matang. Berikut ini adalah langkah-langkahnya:

Fase pertama: Mengumpulkan Informasi

Kita harus mengumpulkan informasi mengenai dokumen-dokumen apa saja yang diperlukan. Sumber informasi yang sangat membantu adalah website dari UK Border Agency (bagian imigrasi dari Kerajaan Inggris) berikut ini adalah link nya: http://www.ukba.homeoffice.gov.uk/visas-immigration/.  Disini kita dapat melihat dokumen-dokumen apa saja yang dibutuhkan untuk masing-masing jenis visa. Untuk student visa, jenis visa yang harus kita pilih adalah Tier 4 visa.

Dari sini, buatlah list dokumen-dokumen apa saja yang anda butuhkan untuk membuat aplikasi pembuatan visanya. Sebagai contoh, untuk mereka yang membuat student visa membutuhkan:

Dokumen Akademik

1)CAS (Confirmation of Acceptance of Studies)

CAS adalah sebuah surat yang diekluarkan oleh universitas yang menandakan bahwa anda telah diterima di universitas tersebut. Biasanya, surat ini akan dikeluarkan apabila anda telah diterma oleh universitas tujuan dan telah mengirimkan deposit ke universitas tujuan. Untuk Newcastle University, kita harus membayar uang deposit course ebesar 1500 poundsterling.. CAS harus dibawa yang original/print out

2)Tes bahasa Inggris

Salah satu yang juga dibutuhkan untuk mengambil visa di Inggris adalah kemampuan untuk berbahasa Inggris yang baik. Untuk membutikan kemampuan bahasa Inggris anda, anda dapat membawa nilai beberapa tes bahasa inggris yang diakui seperti IELTS.

3)Transcript nilai sebelumnya

Anda harus membuat transcript nilai yang berisi nilai-nilai anda selama bersekolah. Transcript harus dilegalisir, memiliki kop surat yang resmi dan ditandatangani pejabat dari kampus.

4)Sertifikat gelar sebelumnya

Apabila anda telah memiliki gelar (sarjana, D3 dsb) anda harus membawa sertifikat kursus anda sebelumnya.

5)Informasi akomodasi

Informasi akomodasi berisi tentang alamat anda tinggal selama bersekolah di UK. Biasanya, informasi akomodasi didapatkan dari surat resmi dari pihak pengelola akomodasi disertai dengan bukti pembayaran (harus asli).

6)ATAS (Accademic Technology Approval Scheme)

ATAS adalah surat keterangan yang dikeluarkan oleh pemerintah inggris  yang menyatakan bahwa riset yang dilakukan di Inggris tidak berhubungan dengan terrorisme/bioterorisme. ATAS dikeluarkan oleh Foreign and Commonwealth Office of the United Kingdom. ATAS hanya dibutuhkan. Untuk informasi lebih lanjut tentang ATAS anda dapat melihatnya dari sini: http://www.fco.gov.uk/en/about-us/what-we-do/services-we-deliver/atas/

Dokumen Pribadi

1)Passport (dan passport lama yang sudah hilang/expired)

Pada aplikasi visa ini, anda harus membawa passport terakhir yang anda miliki beserta passport sebelumnya yang sudah hilang/expired.  Passport yang dibawa tidak boleh expired.

2)Foto warna ukuran 3.5 x4.5 dengan background putih

Syarat-syarat yang harus dipenuhi dalam foto ini adalah:

  1. Kualitas gambar harus baik (tidak boleh buram)
  2. Tidak boleh ada frame
  3. Tidak boleh diedit menggunakan fotoshop
  4. Muka terlihat semuanya, tanpa kacamata, tidak boleh menggunakan topi/penutup kepala kecuali untuk alasan religius

Foto yang diserahkan ini adalah foto yang akan muncul di visa, sehingga pilihlah yang terbaik😀

3)Surat keterangan pekerjaan orang tua

Surat ini berisi pernyataan pekerjaan orang tua. Dikeluarkan oleh perusahaan tempat orang tua bekerja. Di surat ini harus jelas jabatan orang tua dan juga penghasilan orang tua per bulannya. Surat dapat ditanda tagani oleh manajer HRD/ bos dari perusahaan

4)Surat keterangan dukungan finansial dari orang tua

Surat ini berisi pernyataan dukungan dari orang tua untuk membayar segala pengeluaran yang ada di UK. Surat ini harus ditandatagani langsung oleh orang tua beserta nama jelas dan gelar orang tua. Surat ditujukan ke kedutaan besar inggris.

5)Kartu keluarga

Kartu ini berisi keterangan anggota-anggota keluarga. Kartu harus ditranslate kedalam bahasa Inggris. Translate bahasa inggris harus translator tersumpah, ditanda tangani oleh translator diatas materai beserta tanggal dan nama jelas pentranslate. Salah satu yang bisa melakukan ini adalah di Lembaga Bahasa Internasional, Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, Jalan Salemba Raya no 6

6)Surat lahir

Surat ini adalah surat keterangan lahir, ditranslate seperti poin nomor 5 diatas.

7)Kartu tanda penduduk

8)Booking tiket pesawat

Tidak perlu tiket perjalnaan melainkan hanya bookingan tiket ke tujuan (sesuai kota yang dituju). Dapat dibuat di travel agent terdekat. Anda bs membawa fotokopi/asli dari dokumen ini.

9)Form pengajuan visa

Form pengajuan visa harus diisi online di website: http://www.visa4uk.fco.gov.uk/ isi data-data yang diminta dan print untuk kedutaan.

10)Form Appendix 8

Form appendix 8 adalah form yang harus diisi apabila anda ingin mendaftarkan visa pelajar. Pengisian form ini cukup sulit dan akan ada satu artikel tersendiri mengenai bagaimana cara mengisi form appendix 8 ini.

Dokumen Bank

1)Bank reference/letter from bank

Berisi surat pernyataan dari bank yang anda miliki. mengenai uang yang anda miliki di Bank. Uang yang anda miliki harus berisi tuition fee kuliah anda (sesuai dengan CAS) ditambah living cost di UK yaitu sebanyak 800 poundsterling per bulan (apabila anda di luar kota london) atau 1000 poundsterling per bulan (apabila anda di dalam kota london).

Sebagai contoh:

Si Aldo mengikuti kursus “membuat pizza” yang diadakan di Universitas Newcastle. Uang kuliahnya adalah 10 ribu poundsterling, lama kursus adalah 8 bulan. Maka, biaya yang harus dimiliki Aldo

10 ribu pound (uang kuliah) + 8 x 800 = 16.400 poundsterling

Surat dari bank yang anda buat harus memiliki:

  1. Nama jelas pemiliki akun
  2. Nomor rekening jelas
  3. tanggal surat
  4. Logo/nama dari bank atau institusi finansial
  5. Jumlah yang dimiliki

2)Buku tabungan/saldo

Berisi tentang jumlah uang yang berada di account anda. Anda harus bisa membuktikan bahwa uang yg minimum dimiliki (16.400 pound) sudah berada di rekening anda selama minimal 30 hari. dan 30 hari tidak boleh kurang dari angka diatas. Biasanya dokumen ini diperoleh dari customer service bank yang anda.

Beberapa tips tambahan:

  1. Tips yang paling utama adalah kita harus tenang. Membuat visabanyak aturan-aturanya. Tapi, kalau kita memenuhi semua persyaratan yang ada maka visa kita dipastikan terbit.
  2. Ada layanan SMS tracking/internet tracking seharga Rp25.000 apabila anda orang yang sibuk, maka lebih baik ambil layanan ini
  3. tidak perlu membuat appointment ke embassy, cukup datang langsung ke PT. VFS Services Indonesia, Plaza Asia, Jalan Jendral Sudirman Kaveling 59 Jakarta 12190
  4. Waktu pagi (pukul 7-8 atau siang 1-3 adalah waktu terbaik untuk membuat visa karena relatif sepi
  5. Ada layanan pembuatan foto dan fotokopi di tempatnya.

Bagi teman-teman yang ada pertanyaan, atau ingin dibantu pengisian form visanya, bisa hubungi saya di aldoferly_nobita@yahoo.co.id semoga berhasil😀😀

One thought on “Mengurus student visa untuk Inggris

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s